BIJAK MENGGUNAKAN GADGET

x001_006_1135_pic.jpg.pagespeed.ic.KJ-DlnlbTA

Stop Kecanduan Gadget, sumber: parenting.co.id

Mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Inilah peribahasa yang sering kita dengar belakangan ini. Peribahasa ini muncul seiring dengan fenomena kecanduan gadget. Gadget berupa smartphone atau tablet PC dengan beragam fitur di dalamnya mampu membuat penggunanya ketagihan dan ketergantungan. Tak heran kita dapat melihat banyak orang yang berjalan menunduk sambil bermain gadget, duduk sambil memegang gadget, bahkan saat berbincang-bincang semakin jarang kita dapati karena kita lebih asyik dengan gadget.

Ibaratnya jika kita lupa membawa gadget atau ketinggalan di rumah, kita langsung panik dan memilih pulang untuk mengambilnya. Sudah banyak orang yang tidak bisa lepas dari gadget bahkan sejam saja. Gadget yang awalnya dibuat untuk memudahkan aktivitas manusia, telah berubah fungsi menjadi kebutuhan utama. Tidak sebatas sebagai sarana komunikasi, gadget juga digunakan sebagai alat permainan (game), berfoto, merekam suara dan video, berselancar di dunia maya, dan lain-lain. Memang gadget yang multifungsi dan praktis baik adanya, namun jika kita cenderung ketergantungan pada gadget ini menjadi salah kaprah. Manusia diperbudak oleh gadget!

Ketika gadget menjadi prioritas kita, maka lingkungan sosial bukan menjadi perhatian kita. Hal ini menunjukkan tingginya individualistis yang kita miliki daripada rasa sosialitas. Kita tidak berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kita dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk melihat recent updates di BBM, Line, Path, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Tidak salah jika kita ingin berbagi cerita dan pengalaman di media sosial, akan tetapi kita harus dapat membagi waktu dengan kehidupan sosial.

Kita dapat memulai dari diri sendiri untuk tidak bergantung pada gadget. Ketika makan kita letakkan gadget di kamar, saat berjalan kita taruh gadget di dalam tas. Kita bagi waktu untuk mengerjakan aktivitas kita dan istirahat guna bermain gadget. Sudah seharusnya setiap orang menggunakan waktu dengan sebaik mungkin dan tidak diperalat oleh gadget. Gadget memang penting untuk menunjang aktivitas keseharian kita, tetapi kita harus mampu menggunakannya dengan bijak. Bila tidak terlalu penting dan mendesak, sebisa mungkin kita tidak perlu melihat gadget.

So, buat kita semua ayo mulai untuk tidak ketergantungan gadget. Marilah kita lebih sering berinteraksi dengan sekitar kita daripada memperhatikan gadget saja selama berjam-jam. Hidup itu tidak hanya soal gadget, Bro and Sis. (HC)

Tinggalkan komentar