BELAJAR DARI PENGALAMAN

pengalaman

Pengalaman, sumber: inspirewhy.com

 

“Pengalaman adalah guru terbaik.” Pepatah ini benar karena pengalaman yang mengajarkan kita untuk berubah menjadi lebih baik dan belajar dari kesalahan. Setiap orang pernah berbuat salah karena manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Oleh karena itu, pengalaman yang mengajarkan orang untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Orang yang tidak belajar dari pengalamannya bagaikan snowball yang semakin membesar seiring bertambahnya butiran salju. Kesalahan semakin bertambah, dimana seharusnya adalah kian berubah menjadi kesadaran dan kebenaran. Contoh dalam skala besar adalah para koruptor yang bukannya menjadi jera, melainkan semakin mengembangkan aksinya. Dalam lingkup kecil, kita bisa bercermin pada diri kita sendiri. Kesalahan apa yang belum bisa kita ubah dan harus kita tangani.

Pengalaman juga mengajak kita flashback ke masa lampau karena pengalaman membutuhkan sebuah memori atau kenangan. Untuk itu, pengalaman juga membuat kita semakin dewasa. Tentu kita tidak ingin memiliki kenangan buruk, akan tetapi peristiwa yang tidak baik selalu ada. Inilah yang membuat hidup menjadi dinamis. Pengalaman hidup dibentuk dari kenangan dan kenangan ada karena peristiwa yang terjadi.

Setiap orang sudah semestinya belajar dari pengalaman. Baik-buruknya pengalaman tetap menjadi guru untuk kehidupan kita. Marilah kita hadapi peristiwa kehidupan dengan penuh syukur dan menjalaninya dengan gembira. (HC)

Tinggalkan komentar